Informasi

Informasi Rumah MSDM.
Di sini beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan mengenai Rumah MSDM.

Apa itu Rumah MSDM?

Rumah MSDM adalah media untuk berbagi ilmu, pengalaman yang berkaitan dengan MSDM, salah satunya melalui Telegram

Apa tujuan didirikannya Rumah MSDM?

Rumah MSDM didirikan sebagai bentuk kepedulian penggagasnya akan perkembangan bidang MSDM di Indonesia. Rumah MSDM ditujukan bagi mereka yang SERIUS belajar dan mengembangkan diri di bidang MSDM. Tidak hanya untuk pengembangan diri sendiri tapi juga untuk membantu orang lain yang mempunyai tujuan yang sama. Rumah MSDM ini dibentuk sebagai sarana untuk berkumpul secara virtual  dan kemudian bersama-sama memanfaatkannya sebagai forum untuk tujuan:

  • belajar dari satu sama lain dengan cara berbagi, atau bertukar, yaitu yang tahu dan punya pengalaman tentang sebuah teori, konsep dan teknik membaginya kepada yang lain, atau
  • belajar bersama-sama dari orang-orang yang dianggap memiliki ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak.
Apa itu team In Service?

Team In Service adalah penggagas berdirinya Rumah MSDM, terdiri dari 4 (empat) orang dan bertanggung jawab untuk aktivitas Rumah MSDM. Dalam menjalankan aktivitas Rumah MSDM, team In Service didukung secara aktif oleh Bapak Achmad S. Ruky.

Team In Service mendirikan Rumah MSDM dengan adanya dukungan, bimbingan, dan arahan dari Bapak Achmad S. Ruky dan Bapak Anton Subagiyanto.

Apa kewenangan dari team In Service Rumah MSDM?

 

  1. Delete chat berkonotasi negatif.
  2. Delete chat apapun di luar waktu yang sudah ditentukan.
  3. Delete Anggota yang tidak mengikuti peraturan.
  4. Delete sticker, gambar dan video yang tidak relevan untuk menjaga keseriusan belajar member lain. Yang melanggar akan di-delete oleh In Service.
  5. Delete postingan spamming.
Siapa saja yang bisa menjadi anggota Rumah MSDM?

Siapa saja yang SERIUS belajar dan mengembangkan diri di bidang MSDM. Tidak terbatas pada karyawan, tapi juga mahasiswa, pelaku usaha dan lainnya.

Apa tata tertib di Rumah MSDM?
  1. Anggota hanya boleh chat pk 15.00 – 09.00 keesokan harinya (di luar jam tersebut, chat akan langsung di-delete In Service), KECUALI hari Sabtu, Minggu dan hari libur.
  2. Rumah MSDM INI BEBAS IKLAN. Kecuali :
    • Poster pengumuman narasumber dengan topik yang akan diberikan.
    • Kegiatan organisasi profesi atau pengumuman lain berdasarkan persetujuan In Service.
  3. Tidak ada sticker, untuk menghormati keseriusan anggota lain.
  4. Dilarang posting tulisan yang bersifat rutin atau serial. Disarankan untuk memposting di blog, channel pribadi.
Apa hak anggota Rumah MSDM?
  1. Anggota berhak mengikuti seluruh kuliah terjadwal.
  2. Anggota berhak mengajukan pertanyaan (tata tertib berlaku).
  3. Anggota berhak mem-posting artikel yang berhubungan dengan materi MSDM hanya untuk dibahas bersama sesama Anggota di bawah asuhan narasumber di Rumah MSDM ini, bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkonsultasi sesama Anggota (tata tertib berlaku).
Apa saja kegiatan Rumah MSDM?

Kegiatan Rumah MSDM fokus pada sharing ilmu dan pengalaman yang berkaitan dengan MSDM.

Apakah Rumah MSDM akan mengadakan kegiatan off air baik formal maupun informal?

Saat ini Rumah MSDM lebih fokus pada penyusunan agenda dan pelaksanaan Kulgram yang reguler dengan topik-topik yang sesuai dengan kebutuhan anggota Rumah MSDM. Untuk acara kumpul informal seperti Kopdar, tentunya bisa dilaksanakan dengan kerja sama dan bantuan para anggota Rumah MSDM.

Apa itu Kulgram?

Secara arti kata, adalah singkatan dari Kuliah Telegram. Tidak juga diartikan seperti kuliah dalam arti yang dipahami umum, yang terjadi di kelas-kelas. Di sini lebih sebagai istilah umum yang digunakan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman menggunakan media Telegram. Pemateri Kulgram adalah NARASUMBER yang berasal dari Praktisi MSDM, Pengajar dan dipandu seorang MODERATOR termasuk sesi tanya-jawab.

Kapan jadwal Kulgram?

Jadwal Kulgram diupayakan dilakukan secara reguler, idealnya 1 (satu) minggu sekali.

Apa aturan bagi anggota Rumah MSDM selama Kulgram?
  1. Anggota dimohon memperhatikan Narasumber hingga selesai memberikan materi.
  2. Anggota tidak diperkenankan melakukan interupsi, termasuk pertanyaan selama kuliah berlangsung. (Kecuali diminta oleh narasumber).
  3. Pertanyaan hanya boleh disampaikan lewat Rumah MSDM di link yang ditentukan setiap sesi sharing Rumah MSDM untuk diseleksi oleh In Service dan diajukan dalam sesi Tanya-Jawab.
  4. Chat di tengah materi sharing akan di DELETE.
  5. Anggota yang melanggar maksimal 3x, akan di REMOVE dari grup.
  6. HAK CIPTA ada pada narasumber. DILARANG mengcopy utk diperjualbelikan. Jika mengcopy untuk tujuan sharing ke pihak lain, mohon diingat untuk MENCANTUMKAN narasumber yang bersangkutan sebagai penghargaan atas hak kekayaan intelektual.
Siapa saja yang bisa menjadi pemateri Kulgram?

Siapa saja yang berminat untuk berbagi mengenai ilmu, pengalaman yang berkaitan dengan MSDM dan bersedia mengikuti panduan dalam memberikan Kulgram.

Pernyataan minat dapat disampaikan melalui formulir Rumah MSDM.

Materi apa saja yang diberikan dalam Kulgram?

Materi Kulgram meliputi:

  1. Rekrutmen sumber daya manusia; Mencakup pencarian, seleksi dan penempatan tenaga kerja yang berkualitas tepat untuk semua tingkatan.
  2. Pengembangan sumber daya manusia; Peningkatan kualitas secara berkesinambungan termasuk program pengembangan manajemen/succession plan.
  3. Pendayagunaan sumber daya manusia; Mencakup tindakan penempatan secara tepat, perancangan jabatan yang tepat dan pengembangan gaya kepemimpinan yang tepat.
  4. Pemeliharaan sumber daya manusia; Tercakup di dalam bidang ini pengembangan dan pemeliharaan strategi, kebijakan dan sistem kompensasi/remunerasi karyawan yang efektif, tepat dan prestatif mencakup gaji, tunjangan, insentif dan benefits lainnya dalam usaha menarik, memotivasi dan mempertahankan sumber daya manusia berkualitas.
  5. Pengintegrasian; Penciptaan hubungan perburuhan yang harmonis, dan pengembangan budaya perusahaan yang kondusif.
  6. Administrasi dan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia.
  7. Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Praktisi MSDM.
  8. Pelaksanaan Alih Daya.
Dimana arsip Kulgram dapat dibaca?

Di website dengan link ini: https://www.rumahmsdm.com/arsip-kulgram/ , atau di Telegram channel dengan link ini: https://telegram.me/rumahmsdm. Manapun yang dipilih, isinya sama. Kecepatan update di channel lebih cepat dibanding dengan di website dikarenakan alasan operasional.

Kegiatan atau informasi apa saja yang bisa disetujui team In Service untuk dibagikan di Rumah MSDM?

Artikel atau informasi yang berkaitan dengan MSDM namun tidak bersifat promosi untuk kepentingan bisnis anggota Rumah MSDM. Disarankan untuk berdiskusi dengan Team In Service terlebih dahulu.

Apakah Rumah MSDM memiliki prosedur dalam menyambut anggota baru?

Ada dan berikut adalah Prosedur Penyambutan Anggota Baru:

Tujuan :
Untuk memastikan bahwa proses penyambutan anggota baru terjadwal dan tidak mengganggu kenyamanan anggota Rumah MSDM lainnya.

Prosedur:

  1. Waktu penyambutan anggota baru oleh team In Service: 2 kali sehari.
    • Jam 08.00 pagi
    • Jam 17.00 sore
  2. Team In Service akan menghubungi anggota baru secara pribadi untuk memastikan semua informasi mengenai Rumah MSDM tersampaikan.
Copyright

Seluruh materi artikel/berita (teks, foto, video, logo) yang terdapat dalam seluruh situs rumahmsdm.com dilindungi undang-undang hak cipta (UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta). Seluruh materi tersebut bebas dimanfaatkan oleh individu untuk keperluan referensi dan non-komersial.

Bagi siapa saja yang bermaksud memanfaatkan materi rumahmsdm.com dengan cara memproduksi ulang, mengutip, menyadur, memperbanyak dan/atau menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan dari isi materi tersebut, diharuskan memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  • Pemanfaatan materi untuk keperluan pendidikan, penelitian, kajian non-komersial dan konsumsi individual seperti mailing-list, blog dan forum komunitas, tidak harus mendapatkan izin dari Rumah MSDM, namun harus menyampaikan pemberitahuan ke Rumah MSDM guna menghindari penyalahgunaan materi terkait dan diwajibkan untuk mencantumkan sumber materi dan nama lengkap penulis.
  • Pemanfaatan materi selain hal di atas harus mendapatkan izin dari Rumah MSDM.

Untuk menghubungi Rumah MSDM bisa menggunakan email ke rumahmsdm@gmail.com atau langsung ke jalur pribadi In-Service team.

Kode Warna Rumah MSDM

Biru:
Hex: 2E72B2
R: 46 G: 114 B: 178
C: 85 M: 50 Y: 0 K: 0

Masih ada pertanyaan? Kirimkan kepada kami!

Untuk pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi kami di inservice@rumahmsdm.com

022032051 041