Pada tanggal 13 Januari 2018 yang lalu, kami telah melaksanakan acara peluncuran Buku Kumpulan Kulgram Rumah MSDM. Bersyukur acara dapat berlangsung dengan baik. Dan terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara ini.

Apa itu Buku Kumpulan Kulgram?
Seperti namanya, ini adalah buku yang berisi kumpulan Kulgram. Sementara Kulgram sendiri adalah singkatan dari Kuliah Telegram. Kami memahaminya sebagai sebuah kegiatan penyampaian materi dan tanya jawab mengenai sebuah topik melalui media aplikasi Telegram.

Menjelaskan mengapa dipilih aplikasi Telegram akan terlalu panjang dan teknis. Namun pada dasarnya kami mencari media yang lebih efisien dan efektif bagi kami dan bagi para anggota grup Rumah MSDM.

Satu set berisikan empat buku.
Iya, satu set. Dan berisikan 4 buku. Hanya dicetak 100 set dengan sertifikat buku nomor berapa dari 100 set buku.

Set Buku Kumpulan Kulgram Rumah MSDM

Selain 100 set buku limited edition itu, dicetak juga 10 set buku tambahan untuk kami berikan sebagai ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang sangat membantu kami. Beberapa buku kami jadikan hadiah, salah satunya untuk Instagram Competition dengan hashtag #rumahmsdm dengan like terbanyak. Dan pada tanggal 18 Januari 2018 kemarin sudah diumumkan pemenangnya atas nama Bapak Bambang Yapri.

Dalam satu set itu berisikan total 40 topik yang ditulis atau pernah dibawakan dalam kegiatan Kulgram oleh total 35 orang pemateri.

Foto Pemateri di Buku Kulgram Rumah MSDM (sumber: Sandra L Hadisurya Facebook Account)

Di bawah ini adalah daftar Kulgram dan Pematerinya:

  1. Peran, Tanggung Jawab dan Kontribusi Fungsi MSDM dalam Sebuah Korporasi- Bapak Achmad S Ruky
  2. People Analytics – Bapak Heru Wiryanto
  3. Strategi Remunerasi – Bapak Satya Radjasa
  4. Etika Profesional MSDM – Ibu Nani Koespriani
  5. Human Resources Business Partner (HRBP) – Bapak Joris de Fretes
  6. Kupas Tuntas SKKNI MSDM – Bapak Yunus Triyonggo
  7. Kepemimpinan yang Bersumber Kearifan Nusantara – Bapak Karno Subrata
  8. Pengenalan Dasar Rekrutmen dan Seleksi – Bapak Wing Antariksa
  9. “Para Profesional MSDM, Biasakanlah Berbicara Menggunakan Data” – Bapak Achmad S Ruky
  10. Human Capital Strategy – Bapak Heriyanto AP
  11. Membangun Unit Kerja MSDM (Multi Generasi di Tempat Kerja) – Bapak Bambang Yapri
  12. HC Data Analytics Telkom Group from Concept to Realization – Bapak Dwi Heriyanto
  13. Pengelolaan Pengupahan Karyawan Non Staf – Bapak Urbanus Nangoy
  14. Employee Value Proposition – Bapak Denny Turner
  15. Implementasi Sertifikasi Profesi Berbasis SKKNI di Perusahaan – PT Spindo, Tbk – Bapak Anton Subagiyanto
  16. Learning and Development Trend – Ibu Susanna Hartawan
  17. Korelasi Pengelolaan Employee Relations terhadap Produktivitas Kerja – Bapak Luqman Fauzi
  18. Manfaat Strategis Pembentukan LSP P1 Studi Kasus PT Vale Indonesia, Tbk – Bapak Bernardus Irmanto
  19. Merancang Struktur Organisasi (Designing Organization Structure) – Bapak Achmad S Ruky
  20. Developing Career Path for Medium and Small Enterprise – Ibu Retno Dwiyanti
  21. Implementasi FlexBen dalam Perspektif Total Reward – Bapak Alex Denni
  22. Talent Management: A “Strictly Business” Approach – Ibu Sandra Sahupala
  23. Workforce Scorecard Sebagai Sistem Pengukuran Kinerja – Ibu Anggraini Sukmawati
  24. Change Management – Ibu Sandra Kosasih
  25. Coaching for High Performance – Ibu Lyra Puspa
  26. Pengenalan Dasar Pembuatan Program “Learning and Development” – Bapak Benny Rachmadin
  27. Menerapkan Analisis Prediktif dalam MSDM – Bapak Heru Wiryanto
  28. Program Magang di Perusahaan – Bapak Miftahuddin Amin
  29. Konsep dan Implementasi Management Trainee – Bapak Bambang Yapri
  30. Langkah Pelaksanaan Analisis Jabatan – Bapak Felix
  31. Keterampilan Pengelolaan SDM pada UMKM – Ibu Nina Kurnia Dewi
  32. Giving Feedback, Gampang tapi Susah – Bapak Adam Armansyah
  33. Proses Rekrutmen di Industri Otomotif – Bapak Ainur Rofik
  34. Driving Competitiveness Through Salary Survey – Bapak Sigit Hadiawan
  35. Mengendalikan Hutang Perusahaan Kepada Karyawan – Bapak I Gde Eka Sarmaja
  36. Intimacy in Succession Planning – Knowing Your Talent In and Out – Bapak Bernardus Irmanto
  37. Kampanye Budaya Kerja Baru (Implementasi di 7 Negara) – Bapak Tosi Fajar
  38. Membangun Kredibilitas MSDM di Lingkungan Perusahaan Multinasional – Bapak Dani Daksinaputra
  39. Industrial Relations: Bersinergi dengan Serikat Pekerja – Ibu Sri Wahyuningsih
  40. Complex Problem Solving – Bapak Don Sadana
Baca juga:  Stop The Drift: Leadership Accountability

Mengapa dijadikan buku?
Pertanyaan yang mudah namun menjawabnya harus berhati-hati. Pada dasarnya yang kami inginkan adalah memberikan manfaat yang sebanyak mungkin kepada sebanyak mungkin orang. Menurut kami minat baca buku dalam bentuk hard copy masih tidak berkurang meskipun banyaknya buku online saat ini. Dan untuk tujuan belajar, buku masih menjadi salah satu alat yang mudah untuk digunakan belajar, apalagi didukung dengan konten-konten berkualitas.

Satu set Buku Kulgram Rumah MSDM. (Sumber: Linkedin Bapak Sigit Hadiawan)

Saat ini semua buku cetakan pertama sudah habis terjual. Rumah MSDM berencana untuk mencetak lagi, namun ada beberapa persyaratan administrasi yang harus kami selesaikan terlebih dahulu.

Nantikan informasi selanjutnya di website dan di group chat Rumah MSDM.

Kata Pengantar dari Bapak Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia
Dunia berubah cepat, dan kita tiba-tiba masuk ke era persaingan. Persaingan berlangsung di semua bidang, dari level paling rendah ke level paling tinggi. Persaingan juga terjadi antar desa dan komunitas hingga antar negara dan kawasan. Semua berlomba memperkuat daya saing agar memenangi persaingan.

Dari seluruh infrastruktur yang diperlukan untuk memenangkan persaingan, kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah yang paling menentukan. Bukan SDM yang biasa dan konvensional, melainkan SDM yang berbasis pengetahuan. Itulah human capital, modal utama dari ekonomi baru yang berbasis pengetahuan (knowledge-based economy). Siapa memiliki human capital terbaik, akan terdepan dalam inovasi. Siapa terdepan dalam inovasi akan berjaya di masa depan.

Di tengah tingginya dinamika dunia industri saat ini, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menjadi bagian penting untuk meningkatkan daya saing SDM yang kita miliki. Orang-orang yang berkecimpung di bidang MSDM selalu ditantang untuk berkontribusi dalam meningkatkan kompetensi SDM di tempat kerjanya. Tidak hanya berperan sebagai pendukung dari sisi administrasi, tetapi harus mampu lebih banyak berperan dalam proses bisnis, membuat terobosan dan melakukan inovasi.

Baca juga:  Emotional Intelligence & Effective Managers

Begitu banyak referensi buku dan training yang ditawarkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian bagi orang-orang yang bekerja di bidang MSDM ataupun yang tertarik untuk bekerja di bidang MSDM.

Ketika saya dihubungi oleh Pak Achmad S. Ruky untuk memberikan kata pengantar di buku Kulgram Rumah MSDM, saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai buku Kulgram Rumah MSDM. Saya makin tertarik ketika mengetahui buku ini berisikan kumpulan tulisan (pengetahuan dan pengalaman ‘best practice‘) dari para praktisi, konsultan dan akademisi MSDM.

Buku Kulgram Rumah MSDM adalah suatu karya nyata, bahwa kita, negara Indonesia memiliki SDM berkualitas yang memiliki keinginan tinggi untuk berbagi ilmu dan pengalaman berkaitan dengan MSDM.

Saya berharap dengan terbitnya buku Kulgram Rumah MSDM dapat memberikan manfaat besar bagi kita semua dan bisa menjadi salah satu rujukan bagi orang-orang yang terlibat dalam pengembangan SDM di tempat kerja masing-masing.

Jika dulu para pendiri bangsa kita berteriak “merdeka atau mati”, maka generasi kita sekarang harus berteriak “inovasi atau mati”. SDM dan MSDM adalah jalan kita menuju Indonesia yang lebih kuat dan lebih baik dalam semua hal.

M. Hanif Dhakiri
Menteri Ketenagakerjaan,
Republik Indonesia

Bapak M Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia memberikan sambutan.

Endorsement
Manajemen SDM berada dalam fase ‘New Normal HR‘. Mengutip tokoh manajemen Peter Drucker; “yang menjadi tantangan dalam situasi ini bukan turbulensi itu sendiri, tetapi karena kita menghadapinya menggunakan logika berpikir kemarin.” Buku berisikan topik-topik MSDM terkini kontribusi para senior dan rekan-rekan praktisi MSDM ini, pastinya menjadi rujukan dalam menavigasi kita, untuk menggunakan logika berpikir terkini dan menjadikan kita relevan dalam periode ini. Buku ini diharapkan dapat menggugah para praktisi MSDM untuk saling berbagi dan menulis bagi kemajuan manajemen SDM Indonesia, memberikan ‘legacy‘ kepada generasi berikutnya. Selamat untuk In Service Rumah MSDM!
Irvandi Ferizal, Direktur Human Capital PT Bank Maybank Indonesia Tbk; Penulis “Journey to be Employer of Choice”; Peraih Dave Ulrich Award 2016.

Kumpulan “Kuliah Telegram” (Kulgram) ini terwujud dari inspirasi dan dedikasi In Service team Rumah MSDM. Kontribusi dari 35 pakar yang membagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman dalam 40 topik Kulgram dan diwujudkan menjadi empat jilid buku ini menandakan posisi Rumah MSDM yang berbeda dalam menyampaikan inovasi dan penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di Indonesia. Salut untuk Rumah MSDM atas gagasan ini!
Ayleen Wisudha, Partner Lumina Learning; Ketua Indonesian Diaspora Network (IDN) untuk Inggris dan Republik Irlandia; Vice-President II bagian Kemitraan IDN Global; Direktur Business Psychology Centre, University of Westminster, London

The content of this book draws from the diverse research, teaching, practices, and many years consulting experiences of many authors who have taught, trained, and led human resource management to undergraduates, MBA, experienced managers and professional employees. The content discusses current issues such as social networking, talent management, competence, diversity, and employee engagement, all of which have a major impact on business and human resource management practice. It emphasizes how the human resource management function as well as the best practice in the management of human resources. This book is an excellent source that can help you and your company gain a competitive advantage.
Monika Ardianto, President of MNA Quality Consulting and Author of the book “Winning The Audit”.

Permohonan maaf karena ada kesalahan penulisan nama.
Tim In Service menyampaikan permohonan maaf kepada Bapak Heriyanto Agung Putra karena kesalahan penulisan nama.

Baca juga:  COMPETENCY-FIT: IS IT SUFFICIENT?
Permohonan Maaf Tertulis Kepada Bapak Heriyanto Agung Putra

Bersyukur Bapak Heriyanto Agung Putra berkenan menerima permohonan maaf kami. Pemohonan maaf ini dibuat secara tertulis dan kami publish di sini.

Beberapa liputan:

  1. Instagram Bapak M Hanif Dhakiri
  2. Twitter Kementerian Naker
  3. Artikel dari Korn Ferry Indonesia
  4. Reportase Rumah MSDM
  5. Galeri Rumah MSDM
  6. Instagram dengan hashtag #rumahmsdm

Link Telegraph: http://telegra.ph/Cerita-Tentang-Buku-Kumpulan-Kulgram-Rumah-MSDM-01-19

#rumahmsdm