Diskusi Pagi 29 Nopember 2016

[6:52:50 AM] Achmad S. Ruky:

Di sela sela ucapan Selamat Milad untuk Coach Denni Turner, saya ingin mengulangi saran dan himbauan saya kepada semua praktisi MSDM untuk selalu mengamati perkembangan lingkungan makro yang terdiri dari: ekonomi, politik/hukum, teknologi dan sosial.

Bukan hanya karena pengamatan itu penting bagi pengayaan kompetensi masing masing, tapi karena sebagai warga negara Indonesia kita wajob punya perhatian dan memberikan kontribusi pemikiran dalam bidang yang terkait dengan profesi kita.

Pagi ini saya ingin anda membaca berita dibawah ini yang mau tidak mau akan ada dampaknya pada kualitas pasokan modal insani.

 https://finance.detik.com/read/2016/11/28/192703/3356976/4/curhat-mahasiswa-fakultas-peternakan-tahun-depan-wisuda-mau-kerja-apa

Jumlah penganggur berpendidikan sarjana akan meningkat

detikfinance

Curhat Mahasiswa Fakultas Peternakan: Tahun Depan Wisuda, Mau Kerja Apa?

Mahasiswa fakultas peternakan curhat soal pekerjaannya usai diwisuda tahun depan.

[7:12:17 AM] Urbanus Nangnoy:

> Achmad S. Ruky

>  https://finance.detik.com/read/2016/11/28/192703/3356976/4/curha

Pertanyaannya adalah apakah sebenarnya mereka punya passion dalam bidang peternakan waktu memilih kuliah di situ? Saya yakin bahwa hampir sebagian besar mahasiswa masuk ke peternakan, pertanian, kehutanan bukan di pilihan pertama, sudah bagus bukan di pilihan ketiga…

Saya agak terusik dengan kalimat “Apa jualan daging di pasar tapi buat apa kuliah tinggi-tinggi”

Memangnya kalau jualan daging kenapa?

[7:15:17 AM] Denny Turner:

> Urbanus Nangnoy

> Saya agak terusik dengan kalimat “Apa jualan daging di pasar tap

Coba jelaskan

[7:18:31 AM] Wing Antariksa:

Sy melihat ada peluang bagi kita yg mmg sdh menjalankan karir disektor tsb baik sebagai pengusaha maupun pekerja utk membantu adik2 mhsw agar lbh terbuka dan melihat peluang serta tdk cepat menyerah

[7:19:05 AM] Urbanus Nangnoy:

> Denny Turner

> Coba jelaskan

Saya merasa mahasiswa ini masuk golongan mahasiswa sontoloyo, mau kerja yang gampang (mungkin maksudnya yang bisa dapat duit banyak dengan cepat) tapi gak mau “membayar harganya”, lalu yang disalahkan orang lain seperti pemerintah… Lah yang memutuskan untuk kuliah di peternakan dia sendiri, mau kerja di bidang peternakan apa tidak pilihannya sendiri juga, kenapa musti nyalahin pemerintah…

[7:19:17 AM] Wing Antariksa:

Kombinasi kuliah peternakan dengan keahlian lainnya bisa jadi melahirkan peluang usaha dan karya baru

[7:19:30 AM] Urbanus Nangnoy:

> Wing Antariksa

> Kombinasi kuliah peternakan dengan keahlian lainnya bisa jadi me

Bener banget

[7:20:30 AM] Wing Antariksa:

Yuk kita back to campuss:grin:

[7:21:20 AM] Achmad S. Ruky:

> Urbanus Nangnoy

> Pertanyaannya adalah apakah sebenarnya mereka punya passion dala

Benar. Bulan Maret thn ini. Saat saya turut menguji disertasi Pak Yunus Tryonggo, saya ditemui oleh seorang mahasiswa MM IPB yang minta bantuan untuk diberi jesempatan melakukan penelitian di  perusahaan tempat saya bekerja utk keperluan tesisnya. Ternyata ia Ir Peternakan dan belum pernah bejerja sama sekali. Dia susah cari kerja dan kebetulan ortu nya punya duit, maka dia langsung kuluah jagi ambil MM dg harapan kebih mudah dapat kerjaan. Ia saya arahkan je Pak Yunus saja yang juga orang peternakan 🙂

> Urbanus Nangnoy

> Saya agak terusik dengan kalimat “Apa jualan daging di pasar tap

:+1::+1::+1:

[7:23:22 AM] Karno Subrata:

> Urbanus Nangnoy

> Saya merasa mahasiswa ini masuk golongan mahasiswa sontoloyo, ma

Mereka memilih fakultas sesuai minat bakat (passion) nya atau yang penting masuk ke Universitas tsb apapun fakultas/jurusannya??

[7:23:24 AM] Achmad S. Ruky:

> Urbanus Nangnoy

> Saya merasa mahasiswa ini masuk golongan mahasiswa sontoloyo, ma

:smile::smile::smile:

[7:23:47 AM] Bambang Yapri:

Saya merasakan itu juga saat masih di industri agro, ada pekerjaan di remote area, siap tidak? Jawabnya tidak, apa mungkin bangun peternakan di tgah kota? Atau peternakan ber ac jadi bisa kaya teller adem hehhe.

Akhirnya di industri sawit,kolega malaysia yg mau ke remote area, so?

> Karno Subrata

> Mereka memilih fakultas sesuai minat bakat (passion) nya atau ya

Baca juga:  HR Metric: What Are Your Limping Cows?

Yg penting kudu negeri :see_no_evil:

[7:24:22 AM] Achmad S. Ruky:

> Wing Antariksa

> Yuk kita back to campuss:grin:

Hari Sabtu lalu saya sudah lakukan di MM UNPAD 🙂

[7:24:29 AM] Herta Napitupulu:

> Urbanus Nangnoy

> Saya merasa mahasiswa ini masuk golongan mahasiswa sontoloyo, ma

Setuju. Gemes. Lha yang memutuskan kuliah disitu sapa? Lalu sekarang blaming others?

Masalah kualitas mental ini.

Kita perlu bantu para mahasiswa dalam hal fundamental ini

[7:25:14 AM] Urbanus Nangnoy:

> Wing Antariksa

> Yuk kita back to campuss:grin:

Saya lagi membantu Om Alex Denni (Chief HC BNI, belum ada di sini ya) untuk mencoba buat program pengembangan mahasiswa di Fakultas Teknologi Pertanian IPB, alma mater S1 saya dan Om Alex, kadang saya ketemu yang lucu lucu, tapi ya sudah, memang masih harus dibimbing

[7:25:35 AM] Achmad S. Ruky:

> Achmad S. Ruky

> Hari Sabtu lalu saya sudah lakukan di MM UNPAD 🙂

Sept lalu saya di Administrasi Bisnis Unpad.  Oktpber di FISIP UI.

Bu DR. Angraini dari IPB dan Prof Maman dari MM UNPAD silahkan nimbrung

[7:26:39 AM] Nani Koespriani:

Saya mau sharing pengalaman teman saya

Teman saya punya peternakan sapi perah di Jatim. Dia cari manajer peternakan utk menggantikan manajer yg lama yg ikut suami ke luar kota. Dia dpt seorang sarjana peternakan yg sdh punya pengalaman. Ternyata kompetensi teknis nya jauh di bawah yg diperlukan.

Apa blm ada link & match antara kurikulum dg kebutuhan dunia kerja shg sulit cari pekerjaan?

[7:26:48 AM] Achmad S. Ruky:

Juga Pak Budi Soecipto Ph.D mana nih

[7:26:52 AM] Bambang Yapri:

Rabu malam saya ada sesi juga, thanks pak Achmad S.  Atas artikelnya saya jadi ada bahan tambahan

[7:27:34 AM] Khairi Pandya Adhikara:

Selamat ultah Mas @coach_dt! Wish you a happy and meaningful life

[7:27:40 AM] Achmad S. Ruky:

> Nani Koespriani

> Saya mau sharing pengalaman teman saya Teman saya punya peternak

Nah. Itu comment yang tepat :+1:

> Bambang Yapri

> Rabu malam saya ada sesi juga, thanks pak Achmad S. Atas artike

Monggo Pak Bambang. Sangat disilahkan :pray:

[7:30:30 AM] Herta Napitupulu:

Siang nanti dan Sabtu saya juga akan bicara di depan ratusan mahasiswa UI hal Career Planning. Penekanan saya salah satunya di penguatan Self Esteem.

Saya ber-ide akan pake contoh dari sharingnya Ruky

[7:30:34 AM] Urbanus Nangnoy:

> Nani Koespriani

> Saya mau sharing pengalaman teman saya Teman saya punya peternak

Pengalaman saya, yang paling tepat dalam menanggam (Link and Match) Itu pendidikan vokasi, bukan pendidikan akademik. Tapi kuliah di diploma kurang gengsi dibandingkan kuliah di S1, jadi sebagian lulusan diploma lanjut lagi pindah jalur ke S1

[7:31:22 AM] Achmad S. Ruky:

> Herta Napitupulu

> Siang nanti dan Sabtu saya juga akan bicara di depan ratusan mah

Bagus sekali Bu Herta :+1::pray:

[7:31:29 AM] Bambang Yapri:

> Herta Napitupulu

> Siang nanti dan Sabtu saya juga akan bicara di depan ratusan mah

Kereeen

[7:31:29 AM] Karno Subrata:

> Nani Koespriani

> Saya mau sharing pengalaman teman saya Teman saya punya peternak

Passion to learn dan kawah Candradimuka nya memang harus link and match bu

> Herta Napitupulu

> Siang nanti dan Sabtu saya juga akan bicara di depan ratusan mah

Kalau para praktisi mumpuni yg bicara..para adik2 kita biasanya antusiasme nya tinggi:+1:

[7:36:25 AM] Urbanus Nangnoy:

> Herta Napitupulu

> Siang nanti dan Sabtu saya juga akan bicara di depan ratusan mah

Bener banget bu Herta, itu hal yang penting banget

[7:37:48 AM] Herta Napitupulu:

Saat diskusi dengan para pengurus CDC-Career Development Center atau Pusat Karir dari berbagai Universitas, hal link and match ini selalu mengemuka

Baca juga:  HR Data Science pada Sektor Jasa Keuangan dan Bank

Namun seringkali jatuhnya pada saling menyalahkan :unamused:

Yang saya usulkan pada mereka, mulai dari apa yang di bawah kendali kita dulu.

Pusat2 Karir PT membuat program2 yang memperlengkapi mahasiswa optimis dan tangguh menghadapi karir di depannya. Karir dalam arti seluas2nya, sesuatu karya yg bisa disumbangkan, bukan terbatas pada job buat penghasilan

[7:43:21 AM] Bambang Yapri:

> Herta Napitupulu

> Saat diskusi dengan para pengurus CDC-Career Development Center

Benar sekali bu

[7:45:13 AM] Khairi Pandya Adhikara:

> Herta Napitupulu

> Saat diskusi dengan para pengurus CDC-Career Development Center

Saya kira kampus saya aja yg lulusannya terasa kurang self esteem-nya.. Ternyata mayoritas merasakan hal yg sama ya?

Ketika sudah terjun dan “berjuang” sendiri baru merasa bahwa kehidupan di kampus kurang memfasilitasi tujuan dr pendidikan, yaitu menyiapkan peserta didik masuk ke fase perkembangan berikutnya (dunia kerja)

[7:48:20 AM] Achmad S. Ruky:

> Herta Napitupulu

> Saat diskusi dengan para pengurus CDC-Career Development Center

Bu Herta, bila saya berceramah di depan para mahasiswa baik S1 ataupun MM Bisnis saya tayangkan gambar ini dan sarankan pada mereka untul menjalani asesmen agar mengenai orientasi hidup dan passion masing2

[Photo]

Jadi kalau mereka tidak punya “zest” (acumen) for business jangan memaksakan diri bekerja di sektor bisnis

[7:49:39 AM] Khairi Pandya Adhikara:

Mengenali diri sendiri :+1:

[7:50:49 AM] Herta Napitupulu:

> Achmad S. Ruky

> Jadi kalau mereka tidak punya “zest” (acumen) for business janga

Benar sekali pak Ruky

Dunia ada dengan pilihan yang luar biasa banyak, tak terbatas

[7:51:33 AM] Herta Napitupulu:
> Achmad S. Ruky

>  Photo

Keren sekali.

Kehebatan Bapak dalam merangkum semua hal penting dalam chart sederhana

[7:52:47 AM] Achmad S. Ruky:

> Herta Napitupulu

> Keren sekali. Kehebatan Bapak dalam merangkum semua hal penting

Terima kasih. Berjat belajar dan berlatih sejak mengikuti program MBA di MBS 45 tahun lalu :smile::pray:

[7:52:57 AM] Khairi Pandya Adhikara:

> Achmad S. Ruky

>  Photo

Pak Ruky, koreksi sedikit di kanan bawah seharusnya BISNIS

[7:54:33 AM] Achmad S. Ruky:

> Khairi Pandya Adhikara

> Pak Ruky, koreksi sedikit di kanan bawah seharusnya BISNIS

Iya. Benar harusnya bisnis. Akhir2 ini sejak mata kanan saya dioperasi kataraknya jadi lebih sering typo 🙂

Rencana bulan Des yg sebelah lagi

[7:55:09 AM] Khairi Pandya Adhikara:

Wah, semoga cepat pulih, Pak

[8:02:06 AM] Urbanus Nangnoy:

> Achmad S. Ruky

>  Photo

Ini bagus sekali pak, stream yang kami buat untuk pengembangan mahasiswa memang sudah kami bagi empat seperti ini, ijin share ke teman teman mahasiswa ya pak

[8:02:24 AM] Dwi Aryssandhy:

> Achmad S. Ruky

>  Photo

cara bacanya bagaimana ya pak ruky? maaf msh baru:bow:

[8:11:54 AM] Achmad S. Ruky:

> Urbanus Nangnoy

> Ini bagus sekali pak, stream yang kami buat untuk pengembangan m

Silahkan Pak. Saya senang sekali. Tapi sebaiknya dibuat ulang. Karena ada typo itu :pray:

[8:18:21 AM] Miftahuddin Amin:

Selamat pagi…

[8:19:12 AM] Benny Pandawa Rachmadin:

Pagi Pak Miftah…  Selamat pagi semuanya….

[8:19:36 AM] Miftahuddin Amin:

Menanggapi artikel dan komentar dari teman2 semua, (mungkin) menjadi kewajiban moral kita untuk turut serta membantu mereka yg akan kuliah untuk menemukan passion-nya..

Bagaimanapun, mereka merupakan generasi penerus bangsa…

[8:24:03 AM] Urbanus Nangnoy:

> Achmad S. Ruky

>  Photo

Kenapa kalau jadi pengusaha will to manage cukup rendah saja pak Ruky?

[8:27:11 AM] Achmad S. Ruky:

> Dwi Aryssandhy

> cara bacany bagaimana ya pak ruky? maaf msh baru:bow:

Kuadran itu menggarkan kesimpulan dibawah ini

2 kotak sebelah kanan menunjukan orang2 yang senang dan setuju dengan tujuan dan kegiatan bisnis. Yang kanan SETUJU dan SUKA, yang kiri TIDAK SUKA.
2 kotak sebelah kiri adalah “the will to manage” : “keinginan dan kesediaan untuk menerima tanggung jawab memimpin dan mengendalikan organisasi dan siap menerima sehala resiko nya (karena kegagalan, kerugian  dll). Yang atas TIDAK SUKA. Yang bawah SIAP dan SUKA

Baca juga:  Profile Rumah MSDM 7 Mei 2017

Jadi tinggal dibaca matrix nya. Mereka yang termasuk kotak kanan atas atau atas kanan seka bisnis tapi lebih suka single fighter. Dia suka bisnis start up. Setelah jalan dijual. Dan binis bisnis lain. Misalnya, “palumagada” (apa lu mau gua ada).

Yang masuk kotak kanan bawah, mereka yang biasanya bekerja secara aktif sebagai eksekutif perusahaan. Direksi, sampai level Manager.

Yang masuk kotak sebelah kiri bawah adalah orang2 yang suka  memimpin tapi tidak suka bisnis. Mereka cocoknya belerja di pemerintahan atau organisasi nir laba.

Yang masuk kotak kiri atas, adalah yang tidak suka bisnis, tidak suka mengelola dan memimpin. Cocok nya jadi pengajar, peneliti, pengamat, wartawan free lance atau “hacker” 🙂

Tapi di Indonesia, (juga di A. S)  kita lihat ada gejala membingungkan, orang2 yang sukses di bisnis tahu2 mati2an ingin masuk politik supaya punya power. Untuk aoa ya? 🙂

Jelas ya?

> Urbanus Nangnoy

> Kenapa kalau jadi pengusaha will to manage cukup rendah saja pak

Saya jelaskan di bawah

[8:28:37 AM] Urbanus Nangnoy:

Apakah mungkin will to manage diganti freedom to create, pejabat dan eksekutif sama sama freedom to create nya rendah dibandingkan peneliti dan wirausaha?

[8:29:07 AM] Achmad S. Ruky:

> Urbanus Nangnoy

> Apakah mungkin will to manage diganti freedom to create, pejabat

Bisa. I think it is a good idea :+1:

[8:31:20 AM] Dwi Aryssandhy:

> Achmad S. Ruky

> Kuadran itu menggarkan kesimpulan dibawah ini 2 kotak sebelah k

terima kasih pak ruky pencerahannya :+1:

[8:35:00 AM] Achmad S. Ruky:

> Dwi Aryssandhy

> terima kasih pak ruky pencerahannya :+1:

:pray:. Mudah2an membantu.

Pak Urbanus punya gagasan utk menyempurnakannya. Kita tunggu

[8:35:35 AM] Herta Napitupulu:

> Achmad S. Ruky

> :pray:. Mudah2an membantu. Pak Urbanus punya gagasan utk menyempurn

Ikut menunggu :blush::relaxed:

[8:55:44 AM] Urbanus Nangnoy:

[Photo]

[8:56:09 AM] denny Jd:

> Urbanus Nangnoy

>  Photo

:+1::+1:

> Urbanus Nangnoy

>  Photo

ini creditnya Pak Achmad S. dan Pak @urbanusnangoy ya?

[8:57:56 AM] Achmad S. Ruky:

Selamat Pagi Denni. Pak Urbanus harus kita minta untuk melakukan Kulgram :+1::smile:

[8:58:07 AM] Heru Wiryanto:

Pak Urbanus kalo ada datanya yang lengkap maka grafik tersebut bisa divalidasi misalkan apakah yang kebebasan berkreasi tinggi, dan minta pada bisnis tinggi jadi wira usaha mandiri….jika ada datanya maka model ini bisa divalidasi pake principal component analysis (PCA).

[8:58:42 AM] denny Jd:

> Achmad S. Ruky

> Selamat Pagi Denni. Pak Urbanus harus kita minta untuk melakukan

Sudah dijadwalkan, pak.

[8:59:05 AM] Apin Aviyan:

> Heru Wiryanto

> Pak Urbanus kalo ada datanya yang lengkap maka grafik tersebut b

Data asesmen bisa dipakai dan dikalibrasi kang… bahan S3 nih he he

[8:59:06 AM] Heru Wiryanto:

> Urbanus Nangnoy

>  Photo

sore saya buat simulasi datanya ya.

[8:59:12 AM] Achmad S. Ruky:

> Heru Wiryanto

> Pak Urbanus kalo ada datanya yang lengkap maka grafik tersebut b

Pak Heru. Sayangnya itu bukan berbasis hasil survey. Hanya sebuah hipotese :smile::pray:

[8:59:26 AM] Heru Wiryanto:

> Achmad S. Ruky

> Pak Heru. Sayangnya itu bukan berbasis hasil survmvey. Hanya seb

ntar saya buatin data dummynya pak

[8:59:30 AM] Achmad S. Ruky:

> Heru Wiryanto

> sore saya buat simulasi datanya ya.

Bisa? :+1::+1::+1:

> Apin Aviyan

> Data asesmen bisa dipakai dan dikalibrasi kang… bahan S3 nih h

Nah. Betul. Data asrsmen

[8:59:51 AM] Heru Wiryanto:

Bisa…… injury time…..